ADMIN KONTAK

Selamat Datang Di Green World Sehat


Jumat, 28 Maret 2014

Asam lambung - maag, sakit perut, baca artikelnya!

Jumat, 28 Maret 2014
Asam Lambung
Asam lambung - Green World Sehat

DEFINISI
Asam lambung adalah suatu gejala maag dimana lambung terkena luka atau peradangan, karena pola makan yang tidak teratur dan bisa menyebabkan perih dan mual. Hal ini terjadi karena lambung memproduksi asam untuk mencerna makanan dalam jadwal yang teratur. Bahkan saat tidurpun lambung tetap saja memproduksi asam walaupun tidak ada makanan yang harus dihancurkan.

Asam lambung sangat dibutuhkan untuk membantu pencernaan. Tanpa Asam lambung makanan yang masuk kedalam tubuh tidak dapat dicerna dengan baik, sehingga zat-zat gizi tidak bisa diserap dengan baik oleh tubuh. Di dalam tubuh sangat diperlukan jumlah Asam lambung yang seimbang. Karena jika berlebihan akan menimbulkan penyakit. Produksi Asam lambung bertambah pada saat tubuh membutuhkannya, yaitu saat makan. Sebaliknya, pada saat tubuh tidak membutuhkan, produksi Asam lambung akan menurun kembali.


Karena itu, jadwal makan yang tidak teratur sering membuat lambung sulit beradaptasi. Bila hal ini berlangsung terus-menerus, akan terjadi kelebihan asam dan akan mengiritasi dinding mukosa lambung yang akan menyebabkan rasa perih dan mualpun muncul.

Banyak orang menganggap remeh penyakit Asam lambung. Padahal, jika Asam lambung ini naik ke tenggorokan yang pada giliran akan mengakibatkan kanker.

Penyakit Asam lambung yang naik  ke kerongkongan disebut GERD (Gastro Esophagael Reflux Diseases). Gejala GERD ciri-cirinya adalah rasa panas di dada, rasa tidak nyaman saat menelan, dan rasa sakit menelan. Gejala tambahannya meliputi serangan asam yang frekuen, batuk lama rekfakter dengan pengobatan, suara serak, mual dan muntah, nyeri dada non kardiak, dan sendawa.

Sebagai pencegahan, kita perlu mengetahui, cara mengatur pola makan yang teratur, dan kebiasaan yang lainnya seperti meninggikan kepala kurang lebih 15 cm saat tidur, menghindari makanan berlemak, asam, kopi, coklat, mint, produk makanan dari tomat, dan minuman berkarbonasi, obat-obatan tertentu seperti golongan anticholinergenik, theophyllin.


Pengobatan 
   


Baca Juga :
 

0 komentar:

Posting Komentar

Mau Awet Muda?