ADMIN KONTAK

Selamat Datang Di Green World Sehat


Sabtu, 22 Maret 2014

Amandel - Perlukah operasi untuk mengatasinya?

Sabtu, 22 Maret 2014
Radang Amandel

Amandel - healthygreenworld.blogspot.com

Radang Amandel adalah gangguan pembengkakan pada amandel yang disebabkan oleh virus. Amandel sendiri sesungguhnya berfungsi menghambat masuknya kuman-kuman melalui mulut, hidung, tenggorokkan ke dalam tubuh. Umumnya radang amandel terjadi pada anak-anak.

Gangguan radang amandel ini menyebabkan sesak napas bagi penderitanya, kemudian timbul rasa nyeri saat menelan, serta rasa nyeri pada seluruh tubuh. Cara penularan amandel yang sudah akut melalui percikan air liur. Gejala klinisnya yaitu suhu tubuh naik hingga 40 derajat celcius, rasa gatal ditenggorokan, lesu, nyeri sendi, nyeri telan, tidak nafsu makan, dan myeri telinga.


Pengobatan radang amandel akut yang dialami pada anak-anak yaitu dengan pemberian antibiotik golongan penisiline atau sulfonamide selama 5 hari, obat penurun panas, obat kumur.
Apabila anak mengalami radang amandel berulang (lebih dari 3 kali dalam setahun) maka merupakan indikasi untuk dilakukan operasi tonsilektomi (pengangkatan tonsil).

Pengaturan makan pada anak penderita radang amandel adalah :
  • Usahakan untuk minum banyak cairan seperti sari buah, susu, terutama selama demam.
  • Berikan makanan dalam bentuk lunak sehingga mempermudah anak mengunyah makanan.
  • Sebaiknya hindari minum es, sirup, es krim, gorengan, makanan yang diawetkan, makanan dan snack yang menggunakan penyedap rasa.
  • Berikan makanan sumber anti oksidan (beta karoten, vit. C, vit. E) untuk meningkatkan kekebalan tubuh pada anak, seperti sayuran hijau, labu kuning, tomat, telur, jeruk, strawberry, kacang-kacangan, telur, susu.
  • Berikan juga kuding plus tea, Multivitamin : bagi dewasa, bagi anak 



Artikel terkait : 


0 komentar:

Posting Komentar

Mau Awet Muda?