ADMIN KONTAK

Selamat Datang Di Green World Sehat


Kamis, 17 April 2014

Cacar air, produk herbal yang bisa membantu proses penyembuhan penyakit cacar air.

Kamis, 17 April 2014

DEFINISI
Cacar air (varisela, Chickenpox) adalah suatu infeksi virus yang sangat menular. Cacar air menyebabkan ruam kulit gatal, yang terdiri dari bintik-bintik kecil, menonjol, berisi cairan, atau krusta (kropeng).


PENYEBAB
Penyebabnya adalah virus varricella-zoster. Virus ini ditularkan melalui percikan air ludah atau melalui benda-benda yang terkontaminasi oleh cairan dari lepuhan kulit penderita.
Cacar air menular sejak gejala muncul sampai lepuhan terakhir mengering. Oleh karena itu, mencegah penularan sebaiknya penderita diisolasi (diasingkan).

Jika seseorang pernah menderita cacar air, maka ia akan memiliki kekebalan dan tidak akan menderita cacar air lagi. Tetapi virus bisa tetap ada dan diam di dalam tubuh manusia., kadang virus bisa aktif kembali dan menyebabkan herpes-zoster.



GEJALA
Gejala cacar air muncul dalam waktu 10-21 hari setelah terinfeksi. Pada anak-anak yang berusia di atas 10 tahun, gejala awal yang muncul berupa sakit kepala, demam sedang dan rasa tidak enak badan. Gejala tersebut biasanya tidak ditemukan kepada anak yang lebih kecil, gejala pada orang dewasa biasanya lebih berat.

Kemudian dalam waktu 24-36 jam setelah gejala awal, muncul bercak-bercak merah datar (makula). Kemudian bercak-bercak tersebut menonjol (papula). membentuk lepuhan berisi cairan (vesikel) yang terasa gatal, dan akhirnya akan mengering sendiri.
Proses itu memakan waktu 6-8 jam. Selanjutnya akan terbentuk bintik-bintik dan lepuhan yang baru. Pada hari ke-5 biasanya tidak terjadi lagi lepuhan yang baru, seluruh lepuhan akan mengering pada hari ke-6 dan menghilang dalam waktu kurang dari 20 hari.


KOMPLIKASI
Anak-anak biasanya sembuh dari cacar air tanpa masalah, tetapi pada orang dewasa maupun penderita gangguan sistem kekebalan, infeksi ini bisa berat atau bahkan berakibat fatal.

Adapun komplikasi yang bisa ditemukan pada cacar air adalah :
  • Pneumonia karena virus
  • Peradangan jantung
  • Peradangan sendi
  • Peradangan hati
  • Infeksi bakteri
  • Ensefalitis (infeksi otak).

DIAGNOSA
 Diagnosis didasarkan pada adanya ruam kulit yang khas (makula, papula, vesikel dan krusta/kropeng). Pengukuran kadar antibodi terhadap virus varricela-zooster dan identifikasi virus jarang dilakukan.


 PENGOBATAN
 Cacar air yang ringan hanya perlu penanganan terhadap gejala-gejala yang ada. Pemberian kompres dingin bisa dilakukan untuk mengurangi rasa gatal dan mencegah garukan yang dapat menyebarkan infeksi dan menimbulkan jaringan parut.

Untuk mengurangi terjadinya infeksi bakteri, sebaiknya :
  • Penderita tetap mandi, kulit dibersihkan dengan air dan sabun
  • Jaga kebersihan tangan
  • Kuku dipotong pendek untuk mengurangi lesi tergaruk
  • Pakaian tetap kering dan bersih.
Kadang bisa digunakan juga obat-obatan seperti :
  • Obat anti histamin untuk mengurangi rasa gatal
  • Antibiotik, jika terjadi infeksi bakteri
  • Obat anti-virus
  • Obat untuk menurunkan demam pada anak
Gunakan juga produk herbal yang bisa membantu proses penyembuhan penyakit cacar air :


PENCEGAHAN

Cacar air bisa dicegah dengan melakukan vaksinasi  yang bisa dimulai sejak usia 12 bulan, dengan dosis ulangan pada usia 4-6 tahun. Anak-anak yang lebih besar tapi tidak memiliki kekebalan juga boleh divaksinasi.
Orang-orang yang beresiko tinggi terjadinya komplikasi (misalnya wanita hamil dan orang-orang dengan gangguan sistem kekebalan tubuh) serta orang-orang yang terpapar cacar air boleh diberikan antibodi terhadap virus varicella.

Penderita perlu diisolasi untuk mencegah penularan infeksi kepada orang lain yang belum pernah terkena cacar air. Anak-anak tidak boleh masuk sekolah dan orang dewasa tidak boleh masuk kerja sampai lepuhan terakhir mengering.

0 komentar:

Posting Komentar

Mau Awet Muda?